4 Tips memilih perlengkapan studio foto

Agar terlihat lebih  profesional, Anda membutuhkan studio foto. Namun, sebuah studio foto sebaiknya tidak hanya menyediakan perlengkapan kamera dan lensa saja. Ada beberapa perlengkapan studio foto lainnya yang juga perlu Anda persiapkan, seperti lighting kit, backdrop,  stand, reflektor, dan soft box. Meski biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli perlengkapan studio foto  cukup tinggi, bisnis ini cukup menjanjikan. Penyebabnya adalah meningkatnya permintaan akan layanan.Foto, mulai dari foto formal, pernikahan, produk, dll. Perlengkapan apa saja yang perlu Anda siapkan?

Lampu studio

Kebanyakan studio foto didesain di dalam ruangan dengan ukuran yang berbeda-beda. Saat menggunakan cahaya biasa,  akan sulit untuk mencapai penerangan maksimal. Untuk ini, Anda bisa mengecoh diri sendiri dengan menggunakan lampu studio tambahan. Lampu studio  memberikan cahaya buatan untuk membuat foto  lebih indah. Jelas dan terang Tanpa lampu studio, studio foto  terasa kurang lengkap.Oleh karena itu, lampu studio merupakan salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki.Ada beberapa jenis lampu studio yang beredar di pasaran saat ini. Salah satu merek lampu studio yang paling terkenal dan paling banyak digunakan adalah Godox.

Softbox atau payung studio

Saat lampu kilat eksternal kamera menyala, cahaya yang diterima dari subjek dalam gambar mungkin lebih kontras. Akibatnya, efek cahaya yang dipancarkan menjadi tidak merata, yang mengurangi kualitas gambar. Untuk mengurangi kontras yang terlalu tinggi atau cahaya yang  tajam, Anda dapat menggunakan softbox. , ada banyak  ukuran dan gaya lightbox di pasaran. Bentuknya pun bermacam-macam, dari  segi empat, segi delapan hingga lingkaran.Semakin besar kotak lampu yang Anda gunakan, semakin lembut cahaya yang dihasilkan. Namun, ada baiknya untuk menskalakannya agar sesuai dengan ukuran studio foto Anda. Jika studio foto Anda besar, lebih baik memilih kotak lunak yang besar. keputusan yang tepat. Selain softbox, Anda juga bisa menggunakan payung studio. Ada dua jenis payung studio, yaitu payung  putih dan payung  perak.Soft box dan payung studio memiliki fungsi yang sama yaitu memberikan efek pencahayaan yang lebih merata dan seragam. Namun, dalam pengoperasiannya, kotak lampu digunakan lebih efektif  karena cahaya yang dihasilkan dapat diarahkan dengan lebih baik.

Backdrop

Salah satu perlengkapan fotografi yang harus ada di  studio foto adalah background fotografi. Latar belakang fotografi umumnya digunakan untuk menentukan warna  latar belakang objek fotografi. Misalnya, jika klien Anda menginginkan foto formal, latar belakang yang dipilih adalah  putih, merah, atau biru. latar belakang warna solid, Anda juga dapat menggunakan latar belakang dengan warna dan tema tertentu. Misalnya, jika Anda membuka layanan foto di pesta kelulusan, Anda memerlukan latar belakang rak buku Untuk melakukan ini, tingkatkan pilihan warna dan tema latar belakang di studio foto Anda sehingga kebutuhan klien dapat terpenuhi.

Reflector

Kesulitan mendapatkan daya untuk penerangan studio Anda? Maka menggunakan reflektor adalah solusinya. Reflektor adalah reflektor cahaya berbentuk lingkaran yang biasanya diletakkan berlawanan arah dengan arah lampu. Selain itu, reflektor juga sering digunakan untuk mengatasi kondisi di studio foto yang pencahayaannya terbatas.Di luar ruangan, reflektor dapat digunakan untuk memberikan cahaya, terutama di bawah langit mendung dan backlighting.Selain itu, beberapa fotografer sering menggunakan reflektor saat memotret model atau potret. Secara umum, warna reflektor yang tersedia di pasaran berbeda-beda, yaitu hitam, putih, emas, perak dan lain-lain. Setiap warna pada reflektor memiliki sifat yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan gambar warna kulit yang terlihat kekuningan, Anda bisa menggunakan reflektor berwarna emas.Sedangkan untuk  cahaya yang lebih kontras, gunakan reflektor berwarna perak.

Nah itu dia 4 Tips memilih perlengkapan studio foto.